nusakini.com - Internasional - Pada hari Sabtu (24/7), Indonesia berhasil meraih medali pertama di Olimpiade Tokyo 2020 setelah upacara pembukaan dilakukan di hari sebelumnya, Jumat (23/7). Windy Chantika Aisah menyumbang medali perunggu pertama Indonesia melalui cabang olah raga angkat besi.

Windy Chantika Aisah adalah atlet angkat besi putri Indonesia dan masih berusia 19 tahun. Dalam ajang pertandingan di kelas 49 kg, ia berhasil meraih medali perunggu. Windy menempati peringkat ketiga dengan total angkatan 194 kg.

Peraih medali emas untuk cabang olahraga ini yaitu atlet Hoi Zhihui dari Cina dan medali perak diraih oleh Chanu Mirabai dari India.

Hoi Zhihui menempati peringkat pertama setelah ia memiliki total angkatan terbaik dengan angka 210 kg. Sedangkan Chanu Mirabai menjadi peringkat kedua dengan total angkatan 202 kg.

Total angkatan sebesar 194 kg yang diraih Windy ini merupakan peningkatan dari rekornya di Kejuaraan Asia di Uzbekistan pada bulan April 2021. Saat itu ia mengangkat 189 kg beban dan berhasil terkualifikasi untuk mengikuti ajang Olimpiade Tokyo.

Pada SEA Games tahun 2019, Windy menjadi peraih medali emas.